Pengenalan komputer pada anak usia dini
perkembangan teknologi saat ini
semakin berkembang dengan pesat, seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan
mudah dengan teknologi yang semakin canggih. Contohnya dengan adanya komputer. Perkembangan
teknologi khususnya computer tidak hanya dapat dinikmati pada kalangan dewasa,
tetapi sudah menjamur pada anak usia dini. Akan tetapi kebanyakan orang tua
saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan computer. Di
satu sisi mereka ingin anak mereka tidak gagap teknologi seperti belajar banyak melalui computer, akan
tetapi di sisi lain mereka khawatir dengan dampak negative yang sering
ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat.
Menurut analisa Dr. Glenn Doman
dimana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your Child’s Intelligence
menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan ditentukan
pada usia enam tahun pertama dari hidupnya.” Dalam penelitiannya, Doman
menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1 sampai 6 tahun
dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka
Berdasarkan atas penemuan di atas, bahwa penting bagi
kita sebagai calon guru untuk
memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini karena pada
usia dini ini perkembangan anak sangat pesat (golden age).
Selain itu, dalam pengenalan komputer di taman
kanak-kanak, pembelajaran komputer juga bisa dibuat dengan tema yang dibahas di
taman kanak-kanak selama 1 tahun, sehingga pembelajaran komputer dapat
diterapkan untuk menunjang keberhasilan pendidikan anak dan membantu anak
mengembangkan semua aspek perkembangannya. Dan Melalui media komputer, anak bisa mendapat banyak informasi secara integral
sehingga anak mampu mendeskripsikan pengetahuan yang diperolehnya baik melalui
visual( menggambar) maupun auditorium (bercerita).
Salah satu cara mengenalkan komputer kepada anak-anak
taman kanak-kanak adalah dengan memasang sebuah aplikasi game/permainan yang
disukai oleh anak-anak pada usia tersebut, dan juga sekarang sudah banyak
aplikasi CD Interaktif untuk anak-anak. Banyak bermacam-macam jenis game yang
dapat kita temukan yaitu game-game dengan unsur hiburan yang sesuai dengan
materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses
belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan
suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat
merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi
lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi. Namun tidak semua game
yang ada dapat menunjang perkembangan anak. Game yang berbau pendidikanlah yang
sebaiknya kita berikan kepada anak-anak pada usia dini tersebut, karena
disamping mereka bermain, meraka juga dapat belajar komputer.
Selain cara diatas ada beberapa cara lain dalam
mengenalkan komputer pada anak diantaranya :
- Langkah awal dalam mengenalkan komputer pada anak usia dini dapat dimulai dengan menceritakan tentang manfaat dan kontribusi komputer terhadap kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mendukung banyak tugas dan pekerjaan manusia. Contoh yang dapat di sampaikan misalnya:
- Pada tema pembelajaran alat-alat transportasi seperti pesawat terbang kita bisa menceritakan kepada anak bahwa Pengatur lalu lintas udara di bandara menggunakan komputer untuk mengatur jadwal penerbangannya.
- Selanjutnya kita bisa melihatkan buku pada anak, dan disini kita menjelaskan bahwa tulisan yang ada dalam buku ini bisa ditulis dengan menggunakan komputer.
- Penggunaan komputer juga berpengaruh terhadap komunikasi yang meliputi berbicara, membaca dan menulis. Sikap positif dan meningkatnya interaksi sosial mengarahkan pada peningkatan penggunaan bahasa.
- Dokter menggunakan komputer untuk membantu memeriksa/mendiagnosa kondisi pasien
- Komputer dengan kemampuan multimedia mampu menampilkan informasi secara nyata yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan sebagainya.
- Dengan teknologi yang ada pada komputer manusia dapat terhubung secara luas dengan seluruh jaringan yang ada di dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah internet.
Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching
Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun
sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini,
anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara.
Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas
coba-coba secara langsung.
Namun, mengenalkan komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orang tua
dan guru dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya,
kepada semua orangtua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan
komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi
dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dalam pembelajaran melalui media
komputer yaitu :
- Dengan pembelajaran melalui media komputer di Taman Kanak-kanak akan mempermudah anak dalam mengenal dan belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri dan sebagainya.
- Pembelajaran melalui komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.
- Pembelajaran melalui komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus.
- Sebagai media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak.
- Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis yang lebih baik.
- Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, meskipun sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.
- Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.
Komputer akan memberikan pengaruh positif bila
digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik
anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak
dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, Contohnya saja jika anak
mengalami kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer dapat memicu anak
menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan
bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak membuat aturan
terlebih dahulu. Jadi sebelum memperkenalkan anak dengan komputer dan internet, kita harus
memastikan bahwa kebiasaan berkomunikasi secara langsung di keluarga harus
berjalan dengan baik. Dan orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal
waktu bermain. Misalnya, memberikan waktu bermain pada hari libur.
Selain itu juga banyak hal yang
dapat merugikan apabila dalam pengaplikasikannya tidak diiringi dengan
bimbingan dan nilai moral yang baik, diantaranya adalah:
- Melalui computer anak dapat meniru hal-hal yang kurang baik, karena tidak adanya penyaringan untuk anak.
- Melalui komputer akan dapat merusak system kerja otak karena sinar katoda yang di terima oleh otak .
- Melalui komputer ini juga akan mengurangi gerak anak karena hanya terfokus duduk di depan komputer.
- Dari segi sosialisasi anak akan sulit berkomunikasi karena anak terbiasa berinteraksi dengan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar