Rancangan
Permainan Membaca Dan Menulis Dengan Metode Sintesa
1. Pengertian
metode sintesa
Metode adalah rencana
penyajian bahan yang menyeluruh dengan urutan yang sistematis berdasarkan
pendekatan tertentu. Jadi, metode merupakan cara melaksanakan pekerjaan. Sedangkan Metode sintesa
(sintesis) yang didasarkan pada teori asosiasi, memberikan suatu pengertian
bahwa suatu unsur (misalnya unsur huruf) akan bermakna apabila unsur tersebut
bertalian atau dihubungkan dengan unsur lain (huruf lain) sehingga membentuk
suatu arti.
Unsur huruf tidak akan memiliki makna apa-apa
kalau tidak bergabung (sintesis) dengan unsur (huruf) lain, sehingga membentuk
suatu kata, kalimat atau cerita yang bermakna. Atas dasar itu, terdapat
permainan membaca dimulai dari unsur huruf. Permainan membaca ini dilakukan
dengan menggunakan bantuan gambar pada setiap kali memperkenalkan huruf,
misalnya huruf a disertai gambar ayam, angsa, anggur, apel.
2. Prinsip-prinsip
metode sintesa
Prinsip-prinsip
dari metode sintesa dalam membaca dan menulis anak usia dini yaitu:
- Dimulai dari huruf dengan mengaitkan huruf dengan benda sehingga huruf tersebut bermakna bagi anak
- Tidak harus dimulai dari urutan abjad (a-z) tetapi dimulai dengan huruf yang dapat dikaitkan dengan benda terdekat dengan anak.
- Huruf atau kata dapat bermakna bagi anak dalam tahap membaca dan menulis jika perlihatkan langsung benda konkritnya.
- Lebih menarik lagi jika permainan dengan metode sintesa dirancang dalam bentuk teka-teki.
3. Rancangan
permainan membaca dan menulis dengan metode sintesa
a. permainan tebak huruf dan gambar dengan
metode sintesa
Rancangan permainan dengan metode sintesa yang digunakan
lebih mengandung unsur teka-teki.
TEBAK HURUF DAN
GAMBAR
Bahan :
1. Flip
chart
2. Gambar
huruf ( k, p, s, r )
3. Gambar
krayon, pensil, sepatu, dan rol.
4. Lem
5. Gunting
6. Buku
7. Pensil
8. Pengahapus
9. Spidol
10. Papan
tulis
Cara membuat :
- Guru menyiapkan sebuah flip chart , gambar huruf (k,p,s,r), dan gambar krayon, pensil, sepatu, dan rol.
- Setelah itu guru menggunting mansing-masing gambar tersebut dengan rapi.
- Selanjutnya gambar-gambar tersebut di tempel ke flip chart sesuai susunannya, dimana dilembar pertama gambar huruf, lebaran selanjutnya gambar yang sesuai dengan huruf tersebut, dan seterusnya. Contohnya : lembaran pertama ditempel huruf k, dan lembar selanjutnya ditempel gambar krayon.
- Dan pada masing-masing gambar tersebut, dibagian gambarnya dibuat tulisannya dengan menggunakan huruf kecil, dan diberi penggalan masing-masing huruf agar anak bisa mengerti. Contoh : gambar krayon, dibuat sebuah tulisan k-r-a-y-o-n dibawah gambar tersebut.
- Dan permainan tebak huruf dan gambar siap untuk dimainkan.
Cara
permainan :
- Sediakan media yang telah dibuat beserta buku, pensil, penghapus, dan spidol.
- Setelah itu terangkan kepada anak aturan permainannya dan bagaimana cara permainannya.
- Selanjutnya beri anak perjanjian agar anak bisa menjadi teratur, dan guru membagikan buku, pensil, dan penghapus kepada masing-masing anak.
- Selanjutnya permainan dimulai, dimana langkah pertama memperlihatkan simbol huruf kepada anak, dan menanyakan kepada anak huruf apa yang diperlihatkan.
- Setelah itu guru memberikan sebuah kata-kata kunci atau ciri-ciri dari benda tersebut kepada anak sesuai dengan gambar yang akan diperlihatkan dan anak meminta untuk menebak gambarnya , sebelum gambar itu diperlihatkan. Contoh : ” bentuknya panjang seperti pensil, mempunyai banyak warna, dan bisa digunakan untuk menggambar. Ayo tebak itu gambar apa ?”
- Setelah anak menjawabnya guru memperlihatkan gambar tersebut, dan guru mengajak anak untuk mengejakan masing-masing huruf yang ada pada gambar tersebut.
- Setelah itu guru mencontohkan kepada anak bagaimana cara penulisannya, dan meminta anak untuk menirukan dibuku tulis mereka masing-masing
- Setelah semua gambar diperlihatkan dan ditulis, maka terakhir guru melakukan evaluasi.
- Dan permainan pun selesai.
b. Aspek yang dapat
dikembangkan dari permainan tebak huruf dan gambar
1. Aspek Bahasa
Melalui
permainan tebak huruf dan gambar, guru dapat mengembangkan aspek bahasanya
melalui menyebutkan bunyi huruf yang ada
pada gambar, dan juga membaca tulisan yang terdapat dibawah gambar tersebut.
2. Aspek Kognitif
Melalui
permainan ini guru dapat mengembangkan aspek kogntif pada anak, melalui teka –
teki yang diberikan guru kepada anak untuk menebak gambar apa yang ingin
diperlihatkan guru.
3. Aspek Sosial Emosional
Disini terlihat
melalui anak diminta untuk sabar menunggu gilaran, dan juga diminta sportifitas
pada diri anak.
4. Aspek Nilai Agama dan Moral
Disini terlihat
melalui nilai – nilai moral yang diberikan oleh guru kepada anak, dimana guru
memberikan nasehat kepada anak untuk menjaga peralatan sekolah, dan tidak
merusaknya.
5. Aspek Fisik Motorik Halus
Disini telihat melalui guru meminta anak
untuk menirukan tulisan yang ada pada gambar di buku tulis mereka masing-maing.
A World of Bone Wedding Band Tribute Tribute by TOTO
BalasHapusTOTO was founded in 1989 and ford titanium has had titanium eyeglasses a titanium symbol good ford fusion hybrid titanium luck in titanium for sale creating music for over 60 years. Their unique sound is featured on the albums of TOTO's most successful
sd268 cheap jerseys,cheap nfl jerseys,nfl shop,nfl shop,jordans shoes,wholesale nfl jerseys,nfl jerseys,nfl shop,wholesale jerseys ar397
BalasHapus