Kamis, 26 November 2015

PERMAINAN BERHITUNG UNTUK PENGENALAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI



PERMAINAN BERHITUNG UNTUK PENGENALAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI



MENGHITUNG DI MEJA AIR

 ( Tema : Air, Udara dan Api )

  

            Teori
Teori yang mendukung permainan ini adalah teori dari Jane M. Healy, menurut Jane M. Healy, jaringan serabut akan terbentuk apabila ada kegiatan mental yang aktif dan menyenangkan anak . setiap respon terhadap penglihatan, bunyi, perasaan , bau, dan pengecapan akan memperlancar hubungan “neuron” (jaringan saraf ) ibarat “jalan setapak di hutan belantara” , sreabut saraf pada awalnya menunjukan jejak yang belum jelas. Namun, dengan terjadinya pengulangan , jalan setapak tersebut akan semakin jelas dan mudah ditempuh serta dilewati.

Permainan Menghitung di Meja Air adalah jenis permainan yang akan membuat anak aktif sehingga mereka tidak bosan dalam pembelajaran dan hal ini sesuai dengan teori yang dikatakan oleh Jane M. healy sebelumnya yaitu jaringan serabut pada  otak akan terbentuk apabila ada kegiatan mental yang aktif dan menyenangkan

Alat dan bahan
Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan permainan ini adalah sebagai berikut :
·         Wadah telur
·         Sepuluh buah Bola pimpong
·         Kertas Origami dengan berbagai macam warna
·         Spidol permanen warna Hitam
·         Wadah atau ember yang berisi air
·         Gunting
·         Lem
·         Lidi
·         Ranting kayu yang kuat
·         Botol minuman aqua
·         Pisau kater.

Cara Merancang atau membuat  alat permainan “Menghitung di Meja Air”
        Menghias wadah telur

  1. Langkah pertama adalah merapikan wadah telur dengan membuang sisi sisi yang akan mengganggu. 
  2. Setelah dirapikan selanjutnya adalah menggunting kertas origami menjadi sutu hiasan misalnya seperti  potongan rumput
  3. Setelah kertas origami digunting kemudian ditempelkan pada bagian sisi tepi dari wadah telur yang telah dirapikan tadi. 
  4.  Setelah wadah telur dihias, ambillah beberapa helai kertas origami dengan warna yang berbeda beda kemudian guntinglah sesuai ukuran yang diperlukan sebanyak 10 helai. 
  5. Untuk langkah selanjutnya ambillah beberapa buah tangkai lidi kemudian potong sesuai ukuran yang akan diperlukan , potonglah dengan menggunakan pisau charter sebanyak 10 buah 
  6. Setelah lidi dipotong  kemudian ambillah kertas origami yang telah di gunting tadi dan tulisakan angka pada permukaan kertas tersebut dengan jelas samapai pada urutan angka 10. 
  7. Lekatkan kertas origami tersebut pada lidi yang telah dipotong tadi dengan menggunakan lem kertas.
         Membuat Pancingan  

  1. Setelah wadah telur selesai di buat, selanjutnya adalah membuat pancingan langkah pertama ambillah kayu yang telah disediakan tadi rapikan kayu tersebut dengan menggunakan pisau charter. 
  2. Guntinglah kertas minyak atau kertas jenis lain yang tidak akan mudah lenyap jika terkena air, kemudian lilitkan kertas tersebut pada kayu yang telah dipotong tadi 
  3. Langkah selanjutnya ambillah botol aqua yang telah disediakan kemudian potong sesuai ukuran dan pola yang diinginkan dan selanjutnya raipkan sisi sisinya dengan gunting 
  4. Buatlah lobang pada ujung tangkai botol aqua yang telah dibuat tersebut, untuk menggantungkannya pada kayu yang telah dibuat dan dirapikan serta dihias sebelumnya.

    Memberi lambang angka pada bola pimpong

     
    • Setelah pancingan selesai dibuat, selanjutnya ambillah bola pimpong yang telah disediakan , kemudian beri angka pada setiap bola pimpong tersebut menggunakan spidol permanen tujuannya agar angka yang dibuat tersebut tidak terhapus oleh air ketika dimasukkan kedalam air tersebut

    Mengisi wadah air



    • Setelah pembuatan wadah telur dan pancingan maupun angka pada bola pimpong selesai, langkahnya selanjutnya adalah mengisi wadah atau ember yang telah disediakan dengan air seperlunya.  

     Langkah- langkah dalam menerapkan permainan berhitung dengan menggunakan media “Berhitung di Meja air” ini  dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

    1. Perkenalkan dan jelaskanlah media tersebut terlebih dahulu pada anak
    2. Galilah pengetahuan anak tentang media tersebut dengan berdiskusi dengan mereka seputar pengetahuan dan pengalaman mereka tentang media yang diperlihatkan
    3. Setelah anak memahami ajaklah anak untuk bermain dengan menggunakan media tersebut namun sebelum memulai kegiatan bermain ajaklah anak untuk membuat kesepakatan aturan dalam bermain terlebih dahulu.  
    4. Setelah semua anak sepakat tentang aturan dalam bermain, baru kegiatan bermainny dimulai 
    5. Pertama anak diminta untuk berbaris dengan rapi 
    6. Selanjutnya satu persatu dari anak maju untuk kedepan dan mengambil pancingan 
    7. Lalu anak anak memancing atau menangkap satu bola pimpong yang ada di dalam wadah air 
    8. Selanjutnya setelah anak mendapatkan satu bola pimpong anak menyebutkan lambang angka berapa yang terdapat pada bola pimpong yang tersebut 
    9. Selanjutnya anak meletakan bola pimpong yang didapatnya pada wadah telur yang telah disediakan dan dalam meletakkan tersebut anak harus mencocokan lambang angka pada bola pimpong dengan lambang angka  yang terdapat pada wadah telur 
    10. Setelah anak pertama selesai giliran anak yang dibelakangnya untuk maju, dan anak yang sudah maju kembali pada barisan urutan yang paling belakang dari semua temannya, begitulah seterusnya sampai semua anak sudah memancing semua bola pimpong yang ada pada wadah. 
    11. Setelah kegiatan memancing selesai, selanjutnya semua anak kembali duduk dan  guru menyebutkan salah satu lambang angka yang terdapat pada bola pimpong kemudian anak diminta untuk mengambilnya ditempat wadah telur sekaligus dengan mengambil lambang angka pada wadah telur yang sesuai dengan lambang angka yang terdapat pada bola pimpong. 
    12. Begitu selanjuntnya sampai semua anak mendapat giliran 
    13. Setelah semua anak mendapat giliran kemudian anak diminta untuk menyebutkan serta memperlihatkan dengan cara mengangkat bola pimpong beserta lambang angka yang didapatnya 
    14. Begitu selanjutnya sampai semua anak mendapat giliran untuk menyebutkan dan memperlihatkan bola dan lambang angka yang didapatnya.    
      Adapun tujuan dari kegiatan permainan ini adalah sebagai berikut :
      • Agar anak mampu mengenal mengenal lambang bilangan
      • Dan anak dapat mengenal konsep lambang bilangan
      • Agar anak mampu mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
      • Agar anak mampu membilang atau menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10
      • Agar anak mampu menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda benda yang tersedia.
      Dan Metode yang dipakai dalam permainan ini adalah metode : Pemberian Tugas pada anak.


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar